Beranda Lintas Papua
2010

Pemerintah, Masyarakat dan DPRD Tolak Data Penduduk Usulan Dapil Pemilu 2019

BAGIKAN VIA

Bahkan menurut Willem Wandik, data yang diusulkan berdasarkan sensus yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Puncak sejak tahun 2014-2017, sudah mencapai 300 ribu lebih penduduk, ternyata akibat dari oknum-oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Puncak sendiri yang terlibat dalam pemilihan Kepala daerah 2018 ini, mereka akhirnya ke Jakarta dan menghadap ke Kementrian Dalam Negeri, akhirnya data penduduk Kabupaten Puncak tidak berubah, hanya jalan di tempat.

“Harusnya saat ini jumlah penduduk meningkat dan jumlah kursi di DPRD juga meningkat menjadi 35 kursi, ternyata menggunakan data lama, sehingga jumlah kursi kembali 25 lagi, padahal kita sudah 25 Distrik. Kita sudah pasti akan tolak data usulan pendataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD yang dilaksanakan oleh KPUD Puncak, kita akan membuat rekomendasi ke Kemendagri, termasuk ke KPU RI agar dirubah data penduduk,” tegas Bupati.

Sementara itu, Ketua KPUD Puncak, Manase Wandik, mengungkapkan bahwa posisi KPUD hanya sebagai lembaga pengelola data dari pemerintah daerah, sehingga data yang disususn ini merupakan data yang diterima dari pemerintah daerah.