Beranda Sports
2552

MSC Jadi Pusat Kejurnas Atletik

Masih Menunggu Izin Freeport

BAGIKAN VIA
Idris Sacama

TIMIKA- Setelah melakukan pengecekan dan pemantauan di Mimika Sport Complex (MSC) oleh tim Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, maka Mimika mampu menjadi tuan rumah pelaksanaan kejuaraan nasional (Kejurnas) atletik pada Bulan November mendatang. Namun terlebih dulu meminta persetujuan pihak pengelola dalam hal ini PT Freeport Indonesia.

Sekretaris Disorda Papua, Idris Sacama yang ditemui wartawan, Sabtu (13/8) setelah melakukan pemantauan di MSC mengatakan, kedatangan mereka selain melihat persiapan Tim Voli Popnas, tim ini juga ingin melihat seberapa jauh pembangunan MSC yang dipersiapkan untuk PON 2020. Setelah melakukan pemantauan, Idris mengatakan peralatan dan kemegahan lokasi olahraga ini sangat baik. Hal itu terlihat dari hampir semua fasilitas berasal dari luar negeri.

“Ini persiapan untuk kejurnas saja,  kita komunikasi dengan Freeport saja toh karena, biaya untuk pemeliharaan dan pembiayaan ini agak mahal, karena peralatan ini kan semua didatangkan dari luar negeri,” ungkap dia.

Untuk kesiapan lapangan serta fasilitas lain yang telah dibangun lanjut dia, dinilai sudah sangat layak untuk diadakan kejurnas atletik di Mimika. Dan untuk mendukung rencana ini, pihaknya akan mempersiapkan surat yang akan dilayangkan kepada pihak pengelola dan pemerintah untuk pemakaian MSC.

“Jadi kami siapkan surat untuk pemakaian. Hanya kalau persiapan sudah memenuhi standar, semua ini sudah sangat layak untuk digunakan,” papar dia.

Sedangkan untuk pelaksanaannya, tinggal menunggu dari persetujuan pihak pengelola. Menurutnya kendala yang dihadapi dalam peminjaman lapangan ini adalah karena belum dilakukanya peresmian. Namun pihaknya akan berupaya, agar penyelengaraan Kejurnas dapat dilaksanakan di Timika.

“Tinggal bagaimana dari Freeport untuk meminjamkan ini. Satu hal yang menjadi kendala ini karena belum ada peresmian. Jadi kalau peresmian sudah maka akan mudah,” jelasnya.