198

Lagu Dian Piesesha hingga Sheila on 7 pun Terdengar di Kamar

*Cara Dokter Yusri Mempercepat Kesembuhan Pasien lewat Musik Pop Jazz

BAGIKAN VIA
Dr Yusri Dinuth saat berada di Rumah Sakit Marinir, Jakarta, Rabu (23/11).MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

Perasaan bahagia bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk proses penyembuhan penyakit pasien. Misalnya, yang dipraktikkan dr Yusri Dinuth di Rumah Sakit Marinir Cilandak. Banyak pasien Yusri yang merasa lebih cepat sembuh setelah diterapi music as healing.

ZALZILATUL HIKMIA, Jakarta

SIANG itu (23/11) Rumah Sakit (RS) Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, masih tampak ramai. Selain pasien yang antre berobat, ada para pengunjung yang ingin membesuk keluarga, saudara, atau koleganya yang sedang menjalani opname di situ.

Tapi, suasana di ruang bagian administrasi tersebut berbanding terbalik dengan suasana di Paviliun Gardenia. Di kamar-kamar inap bagi pasien pascaoperasi tersebut, kesibukan orang lalu lalang itu tak terlihat. Suasananya begitu tenang dan senyap. Maklum, di kawasan tersebut pasien memerlukan ketenangan agar bisa istirahat dengan nyaman.

Di paviliun itulah dr Yusri merawat pasien-pasiennya. Metode yang dipergunakan termasuk sudah biasa, tapi jarang dipraktikkan dokter lain. Yakni, metode music as healing. Setiap pasien yang ditangani Yusri selalu mendapatkan tambahan ”obat”. Pasien-pasien penyakit dalam itu diminta mendengarkan lagu-lagu yang diputar dan diperdengarkan lewat speaker di kamar-kamar inap di situ.

Memang, suara musik yang diperdengarkan disetel lembut sehingga tidak malah mengganggu istirahat pasien. Sebaliknya, alunan suara penyanyi yang tak asing di telinga itu diharapkan membuat nyaman si pasien. Misalnya, suara merdu Trio Lestari: Glen Fredly, Tompi, dan Sandy Sandoro. Atau yang lebih rancak seperti lagu-lagu kelompok Sheila on 7 dan lagu milik She ”Slow Down Baby”.