Beranda Jayapura
2447

Indonesia Adalah Kita

BAGIKAN VIA
KITA INDOENSIA – Siswa siswi di Distrik Muara Tami berdiri di bawah bentangan bendera merah putih berukuran besar sambil bercengkerama satu dengan yang lain pada moment bangkitnya jiwa kebangsaan Indonesia yang digelar di daerah perbatasan RI – PNG, Kampung Skow, Distrik Muara Tami, Rabu (30/11).GAMEL/CEPOS

JAYAPURA – Moment bersatunya keberagaman yang perlahan tengah muncul di berbagai daerah dimana saat ini banyak daerah mempertontonkan bentuk kebhinekaan dalam semangat pemersatu bangsa juga nampak di Papua.

  Seperti yang terlihat, Rabu (30/11) kemarin di Skouw, wilayah perbatasan RI-PNG,  dimana puluhan para tokoh adat dan agama berkumpul bersama masyarakat dan anak sekolah dan menyatakan sikap bahwa Indonesia memiliki banyak suku bangsa dan agama namun semua utuh terikat dalam kebhinekaan. Indonesia adalah satu dan Indonesia adalah kita.

  Kegiatan dimulai dengan pemasangan pita merah putih kepada seluruh peserta yang dilakukan bergantian dan dilanjutkan orasi kebangsaan serta pembacaan puisi kebangsaan. Ketua Rohaniawan Hindu Kabupaten Keerom, I Putu Sude Adiyana  menyatakan bahwa semua lapisan masyarakat harus  mempertebal  rasa persaudaraan dan sikap bela tanah air. Moment ini juga harus terus ditumbuhkan yang tak hanya dipelopori oleh TNI tapi  diteruskan oleh pemerintah, sebab generasi muda harus mengenal nusantaranya secara utuh.

   “Ini pesan dari timur untuk masyarakat di wilayah barat bahwa kami orang yang berada di perbatasan timur menjunjung tinggi keberagaman tanpa melihat perbedaan suku RAS dan dan agama dan penting untuk sama-sama memikirkan bagaimana menjaga keutuhan bangsa. Suara ini kami kumandangkan lebih dulu dari Papua untuk saudara-saudara di daerah lain,” beber Sude Adiyana usai membacakan doa.