171

Tak Ada Ampun Bagi Siswa Pengguna Narkoba, Ortu Harus Selalu Cek Anaknya

*Mewaspadai Peredaran Narkoba di Lingkungan Sekolah

BAGIKAN VIA
Para siswa SMKN 3 Jayapura sedang bermain bola memanfaatkan waktu sebelum proses belajar mengajar dimulai, Rabu (23/11) kemarin.ELFIRA/CEPOS

Setelah Polsek Abepura menangkap seorang pelajar SMK yang kedapatan mengedarkan Narkoba jenis ganja di sekolahnya beberapa waktu lalu, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua menyatakan perlunya upaya lebih serius lagi dalam mengantisipasi terjadinya peredaran Narkoba di lingkungan sekolah itu.

Laporan: Denny dan Elfira – Jayapura

Kepala BNNP Papua Brigjen Sukisto melalui Kabid Pemberantasan BNNP Papua AKBP. Muhamad Safeii mengatakan bahwa sebenarnya untuk mencegah terjadinya peredaran Narkoba  di dalam sekolah, pihak sekolah perlu untuk berkoordinasi dengan orang tua maupun Polisi, sehingga apabila pelaku pengedar ganja merupakan pengguna murni, coba–coba atau pengguna awal, maka perlu dibawa ke BNNP dulu untuk dilakukan pemeriksaan.

“Kami akan melihat sejauh mana tingkat ketergantungannya. Kalau hasilnya masih dalam tingkat kewajaran, maka pengguna ini akan dilakukan rawat jalan oleh BNN. Namun kalau ia sudah kedapatan mengedarkan Narkoba  di sekolah dan ada barang bukti, maka proses hukum akan tetap berjalan,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos Rabu (23/11) kemarin.

Safeii menjelaskan apabila di dalam satu sekolah itu terdapat indikasi ada 100 orang atau lebih yang menggunakan Narkoba jenis ganja ini, sebaiknya pihak sekolah mengenali dari perubahan fisiknya dan agar siswa yang lain tidak terkontaminasi dengan siwa yang menggunakan ganja itu seharusnya pihak sekolah membuat surat kepada BNNP Papua atau pihak Kepolisian agar dapat melakukan konseling.

“Jadi mungkin dalam seminggu itu kami dari BNNP akan melakukan konseling kepada sekolah paling tidak 2 sampai 3 kali dalam seminggu guna memberikan pembinaan atau penyuluhan kepada siswa yang belum terkontaminasi dengan Narkoba,”katanya.

Menurutnya, untuk menyikapi masalah peredaran narkoba di dalam lingkungan sekolah itu tergantung guru atau pihak sekolah sendiri melihat hal ini seperti apa. Kalau melihat ini sangat membahayakan maka perlu untuk diambil tindakan guna mencegah dan memerangi Narkoba dalam sekolah. Selain itu juga perlu ada ketransparanan jika sekolahnya sudah terindikasi telah dimasuki jaringan peredaran gelap Narkoba.